Senin, 28 November 2011

Tips Memilih Smartphone Terbaik untuk Anda



Seperti yang Anda ketahui, smartphonebukanlah barang yang murah. Dengan demikian, sebaiknya Anda harus cermat memilihnya sesuai dengan kebutuhan sebelum Anda membelinya. Jika kebutuhan utama Anda sering menggunakan internet, bekerja dengan berbagai dokumen, memerlukan pengatur jadwal dan organizer, sepertinyasmartphone memang cocok untuk Anda miliki, karena smartphone akan banyak memberi Anda kemudahan dalam melakukan pekerjaan Anda.

Yang Anda butuhkan tentu bagaimana tips memilih smartphone. Jadi pada artikel ini Paseban akan memberikan tips memilih smartphone terbaik dengan tepat hanya untuk Anda:

Setiap smartphone memiliki sistem operasi (operating system) yang bermacam-macam dengan keunggulan dan fungsi masing-masing. Beberapa sistem operasi yang ada di antaranya Symbian, Windows Mobile, Android, Linux, Palm OS, dan Blackberry. Dengan beragamnya sistem operasi yang ada, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dulu fungsi-fungsi mana saja yang paling cocok dan yang akan paling sering Anda gunakan.

Tips memilih smartphone selanjutnya adalah jika Anda sering melakukan transfer data atau download data via internet, yang harus Anda perhatikan adalah kecepatan data yang dimiliki smartphone. Beberapa smartphone menawarkan kecepatan data yang berbeda-beda di antaranya 3G hingga HSDPA (High Speed Downlink Package Access) atau 3.5G yang kecepatannya mencapai 7 kali kecepatan 3G. Pada jaringan CDMA dikenal dengan EV-DO. Adapun kecepatan data yang ada dari mulai yang paling rendah hingga yang paling tinggi untuk jaringan GSM yaitu GPRS, EDGE, 3G, 3.5G (HSDPA).

Tampilan keypad pada smartphone juga sepertinya sangat mempengaruhi kegiatan mengetik Anda. Beberapa smartphone telah dilengkapi dengan keypad QWERTY, fasilitas ini sangat cocok dan akan mempermudah bagi Anda yang sering mengetik.

Pastikan terdapat fasilitas koneksi seperti kabel data, USB ataupun Bluetooth padasmartphone yang akan Anda beli, hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan pemindahan data dari smartphone ke perangkat lain.

Untuk penyimpanan data, tentu saja diperlukan memori yang besar, apalagi data-data dalam jumlah banyak. Dengan begitu periksalah memori internal pada smartphone yang akan Anda beli, apakah sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan juga apakahsmartphone tersebut memiliki slot untuk eksternal memori.

Layar pada smartphone juga sangat memengaruhi Anda dalam bekerja. Jika Anda sering mengerjakan dokumen pada smartphone, sebaiknya pilih layar yang lebih besar, karena hal ini akan memudahkan dan memberi kenyamanan saat Anda mengerjakan dokumen Anda. Selain itu, kedalaman warnanya pun harus diperhatikan, semakin besar kedalaman warna yang dimiliki smartphone, maka tampilan pada layarnya pun akan semakin indah.


Bagi Anda yang sering mengolah dokumen, Anda harus memperhatikan apakah padasmartphone yang akan Anda beli sudah tersedia aplikasi perkantoran (office suite)seperti pengolah kata, spreadsheet maupun aplikasi-aplikasi lainnya yang mendukung dengan kegiatan pekerjaan Anda.

Yang tidak kalah penting adalah pastikan Anda membeli smartphone melalui distributor yang memiliki purna jual yang jelas. Dengan banyaknya fitur pada smartphone, tentu Anda akan membutuhkan dukungan purna jual yang baik seperti garansi, training product, update software dan perbaikan.

Semoga tips memilih smartphone di atas bermanfaat bagi Anda sehingga Anda tidak akan bingung menentukan pilihan smartphone yang cocok untuk Anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar