Minggu, 06 November 2011

Meredakan Cemas Dengan Makan Ikan Laut

Bila Anda cemas, kurangilah perasaan tak enak itu dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 tak jenuh ganda. Biasanya omega-3 terkandung dalam ikan. Tinggal di negara maritim, tentunya tak susah bagi Anda mendapatkan ikan yang mengandung omega-3 seperti tuna, tongkol, tenggiri, layang, kembung, dan lemuru.

Meredakan Cemas Dengan Makan Ikan Laut

Kenapa harus omega-3? Sebuah studi mengidentifikasi minyak ikan dapat mengurangi kecemasan pada orang muda yang sehat. Temuan itupun menunjukkan orang tua dan yang mengidap penyakit tertentu dapat meraih manfaat berlebih dari minyak ikan.

Asam lemak omega-3 tak jenuh ganda, seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA), telah lama dianggap sebagai aditif positif untuk makanan. Penelitian sebelumnya menyatakan peranan penting omega-3 dapat mengurangi tingkat sitokin dalam senyawa tubuh yang menyebabkan peradangan dan mungkin bahkan mengurangi depresi.

Stres secara psikologis telah berulang kali telah terbukti meningkatkan produksi sitokin sehingga para peneliti bertanya-tanya apakah meningkatkan omega-3 mungkin bisa mengurangi proses itu dengan mengurangi peradangan.

Walaupun penelitian menunjukkan dampak positif suplemen omega-3 dalam mengurangi kecemasan dan peradangan, para peneliti belum bersedia merekomendasikan menambahkan suplemen ini ke menu harian.

“Mungkin terlalu dini untuk merekomendasikan penggunaan suplemen omega-3 kepada seluruh masyarakat, terutama mengingat biaya dan persediaan minyak ikan yang terbatas,” kata Martha Belury, profesor bidang nutrisi manusia dan peneliti studi ini.

“Orang-orang hanya harus mempertimbangkan meningkatkan asupan gizi ini melalui makanan,” katanya.

Demikian tips untuk meredakan cemas anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar