Minggu, 13 Mei 2012

Kecanggihan Pesawat Sukhoi Superjet SSJ-100


Maskapai penerbangan Kartika Airlines sedang dalam proses pemesanan pesawat angkut tercanggih Sukhoi Superjet (SSJ) 100. Generasi pesawat sipil terbaru Rusia dengan berbagai kecanggihan ini dinyatakan aman dan mudah untuk pilot. Tapi naas menimpa, ketika dalam uji coba terbang, justru mengalami putus kontak selama 4 jam lebih dan hingga berita ini ditulis, yang akhirnya ditemukan diatas area Gunung Salak Jawa Barat.

Seperti apa sih kecanggihan dan keunggulan pesawat SSJ 100 seperti yang dimuat situs Sukhoi ini?

SSJ-100 mudah dan aman untuk pilot. Desain kokpit disebut Human Centered Design, mudah dikendalikan, bahkan untuk mendaratkan saja hanya butuh satu pilot saja. Kokpitnya didesain gelap dan tenang, menawarkan ketepatan, kenyamanan dan kehandalan. Kokpit ini memiliki tuas pengendali di bagian samping dekat jendela kokpit.

Sistem pengendali pesawat juga dilengkapi fly-by-wire elektronik penuh untuk mengendalikan pesawat dan pendaratan. Artinya, pesawat ini bisa disetel untuk dikendalikan secara otomatis. Stabilizer horisontal juga bisa dikendalikan fly-by-wire, menghasilkan kestabilan optimal dan mengurangi hambatan aerodinamis.

Sistem elektronik di pesawat (avionik) SSJ 100 ini dibuat oleh Thales. SSJ 100 dilengkapi alat pendeteksi kegagalan sistem. Termasuk dilengkapi Traffic Collision Avoidance System (TCAS) generasi kedua alias sistem yang bisa mendeteksi bila pesawat itu akan mengalami tumbukan dengan pesawat atau obyek lain. Sistem avionik SSJ 100 memiliki keunggulan keselamatan penerbangan dan kehandalan yang tinggi.

Mesin pesawat adalah SaM146 terbaru yang dikeluarkan PowerJet untuk memenuhi performa terbaik dan persyaratan lingkungan. Mesin ini diklaim bisa mengurangi konsumsi bahan bakar 10 persen dibandingkan pesawat sekelas, seperti Embraer dan Bombardier.

Bodi pesawat ini didesain lebih luas, sehingga bisa menampung sampai 98 orang. Kelas bisnis berkursi 2-2 dan kelas ekonomi didesain 2-3 kursi. Pesawat ini didesain untuk pesawat jarak menengah yang waktu penerbangannya lebih dari 1 jam.

Kabin tinggi dan luas memberikan kenyamanan lebih karena mengakomodasi kursi yang lebih luas dan lorong yang lebih luas untuk menghindari 'bottleneck' arus penumpang masuk dan keluar. Penumpang disediakan dengan tambahan kenyamanan karena ada lebih banyak ruang untuk kaki mereka di bawah kursi, di atas kepala penumpang, dan di kursi dekat jendela.

Selain kabin yang lebih lega, Sukhoi SSJ 100 juga memiliki ruang bagasi yang lebih luas sehingga bisa memuat barang lebih banyak.

Siaran pers Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Rabu (9/5/2012), pesawat SSJ-100 terbang pertama kali pada Mei 2008 dan telah menerima sertifikat dari badan sertifikasi Rusia (Russian certification institute/IAC AR) pada Januari 2011. Sebulan kemudian, pesawat SJJ-100 kembali memperoleh sertifikat dari Badan Keamanan Penerbangan Eropa (European Flight Security Agent).

Sukhoi Superjet100 merupakan pesawat berpenumpang pertama yang dibuat pabrik pesawat tempur Rusia, Sukhoi. Dua bulan setelah mendapat sertifikat dari kelayakan dan keamanan terbang dari Eropa, seri pertama pesawat ini dibeli perusahaan penerbangan nasional Armenia, Armavi, pada April 2011.


Pesawat yang jatuh ini memiliki Sertifikat Type (Type Certification) dari Otoritas Sertifikasi Rusia dan sertifikasi dari Otoritas Penerbangan Uni Eropa (EASA) akan diperoleh dalam waktu dekat.

Spesifikasi teknis pesawat SSJ-100:

Kecepatan maksimum: maksimum 0,81 mach (kecepatan suara)
Ketinggian jelajah: 40 ribu kaki
Panjang landas pacu: minimum 1.731 meter
Jarak penerbangan: maksimum 4.578 km
Kapasitas penumpang: maksimum 98 penumpang
Panjang pesawat: maksimal 29.94 m
Lebar sayap: 27,80 m
Tinggi: 10,28 m
Lebar kabin: 3,236 m
Tinggi kabin: 2,12 m
Lebar lorong kabin: 51 cm
Lebar kursi: 46.5 cm

Spesifikasi produsen teknis pesawat SSJ-100:

Lokasi produksi: Komsomolsk-on-Amur, Novosibirsk dan Voronezh, Rusia
Partner Sukhoi: ALENIA AERONAUTICA, SNECMA
Konsultan: Boeing
Pemasok sistem utama pesawat SSJ-100:

Avionics – THALES
Sistem pengendali – LIEBHERR
Sistem pengendali lingkungan – LIEBHERR
Gir pendaratan – MESSIER DOWTY
Sistem bahan bakar – INTERTECHNIQUE (ZODIAC)
Interior – B/E AEROSPACE
Sistem perlindungan kebakaran – AUTRONICS (CURTISS WRIGHT)
Sistem oksigen – B/E AEROSPACE
APU – HONEYWELL
Kursi kru – IPECO
Sistem hidrolik – PARKER
Sistem listrik – HAMILTON SUNDSTRAND
Sensor getaran mesin – VIBRO-METER
Ban, Rem - GOODRICH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar