Selasa, 03 April 2012

Pertandingan Hidup Mati Barcelona dan AC Milan


Menahan imbang Barcelona tanpa gol di San Siro dalam leg pertama perempat final Liga Champions membuat perjuangan AC Milan di leg kedua di Camp Nou, Rabu (4/4) dini hari semakin berat.

Untuk memperbesar peluang lolos ke semifinal, Milan harus mencetak gol saat main di kandang Barcelona dan itu adalah pekerjaan yang sangat sulit dilakukan. Barcelona yang bermain di hadapan fans fanatiknya tentu tak ingin kehilangan muka. Pasti Barca akan memaksimalkan gempurannya ke gawang Christian Abbiati.

Lionel Messi cs tentu tak akan mau lagi gagal memanfaatkan berbagai peluang emas mencetak gol demi mempercepat kepastian mereka melangkah ke semifinal. Sementara itu, AC Milan mencoba mengimbangi permainan Barcelona yang dalam beberapa tahun belakangan diakui sebagai salah satu tim terbaik dunia.

Dengan predikat pengoleksi tujuh gelar juara Liga Champions, anak-anak asuhan Massimiliano Allegri akan mengerahkan kemampuan terbaiknya. Sayangnya beberapa pilar penting, seperti bek Thiago Silva dan gelandang bertahan Mark van Bommel kemungkinan absen karena cedera.
Guardiola waspada

Meski berada di posisi unggulan, manajer Barcelona Pep Guardiola tak mau menganggap remeh pasukan Merah Hitam. Guardiola justru yakin Milan akan mempersulit timnya dan mampu mencetak gol tandang.

"Saya yakin Milan akan mencetak gol sehingga kami harus mampu menciptakan peluang terbaik. Mereka akan menumpuk delapan pemain di sekitar kotak penalti untuk mempersulit kami," ujar Guardiola.

"Kami kini berada di tahap akhir turnamen dan ini adalah pertandingan kunci yang harus kami menangkan. Kami harus mencetak gol sehingga kami bisa mempertahankan ritme permainan," tambah Guardiola.

Dalam kondisi seperti ini, Guardiola mengingatkan pemainnya agar jangan sekalipun meremehkan Milan. "Milan sangat kuat dalam bertahan dan sangat baik dalam menciptakan serangan balik," papar manajer yang masuk daftar incaran Chelsea itu.

"Kami bukan tim yang mampu bertahan dalam waktu lama. Jika Milan menguasai permainan maka mereka akan memanfaatkan kesalahan kami," tegasnya.

Allgeri yakin para pemain Milan mampu mengimbangi Barcelona. Sementara itu, manajer AC Milan Massimiliano Allegri mengatakan timnya harus bermain dengan semangat dan determinasi tinggi seperti ketika mereka manahan imbang Barcelona di San Siro.

"Kami harus bermain seperti saat leg pertama dan memastikan gawang kami tidak kebobolan," ujar Allegri. "Pertandingan ini ibarat partai final dan kami sudah siap," tambah dia.

Meski demikian, Allegri mengatakan Barcelona berpeluang lebih besar untul lolos ke semifinal namun Milan akan memberi kejutan. "Barcelona masih tim terbaik dunia saat ini. Tapi saya yakin akan muncul satu atau dua situasi dalam pertandingan ini yang akan sangat menentukan. Dan kami harus pandai memanfaatkannya," tegas dia.

Pertandingan ini menjadi hal istimewa bagi Zlatan Ibrahimovic, karena pertandingan ini akan menjadi laga pertamanya di Camp Nou sejak meninggalkan Barcelona pada 2010 lalu.

Sementara itu, Milan berharap Alexandre Pato yang cedera sejak sebulan lalu akibat cedera otot paha sudah bisa diturunkan. Jika Pato bisa bermain, maka pola serangan Milan akan lebih bervariasi dan tak akan terlalu mengandalkan Ibra sebagai pencetak gol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar