Rabu, 26 Oktober 2011

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso
Foto : Ist
​Air terjun Sipiso-piso terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Air Terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 120 m. Bukit yang mengelilingi Air Terjun Sipiso-piso sangatlah hijau dan sejuk, dan tanaman yang paling banyak adalah pohon pinus.

Air terjun Sipiso-piso berasal dari kata piso (atau pisau dalam Bahasa Indonesia). Itu dikarenakan debit air yang tinggi yang mengalir dari atas bukit, sehingga tampak berbilah (mirip pisau yang tajam). Objek wisata air terjun Sipiso-piso dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Air terjun Sipiso-piso mengalir menuju Danau Toba. Dengan ketinggian 120 meter, suara tetesan air terdengar keras sampai di bawah bukit. Pemandangan alam sekitarnya juga sangat menakjubkan. Selesai berwisata di air terjun Sipiso-piso, jika Anda membutuhkan penginapan, Anda bisa menginap di Desa Tongging, pemukiman masyarakat yang tidak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso atau bisa juga di pusat Kota Kabanjahe.

Untuk menuju Air Terjun Sipiso-piso, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Medan. Lokasinya, hanya sekitar 20 kilometer dari Kabanjahe, ibu kota Kabupaten Tanah Karo. Moda transportasi pun tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan transportasi umum dari terminal Medan menuju Kabanjahe, atau menyewa kendaraan bermotor. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan asing pun banyak yang mengunjungi air terjun Sipiso-piso, seperti dari Belanda, Malaysia dan Perancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar