Selasa, 10 April 2012

Iwak Peyek versi Olympiakos Ternyata Sejak 2006

Lagu yang kerap dinyanyikan para suporter di liga Indonesia, Iwak Peyek kini menjadi primadona. Dimulai dari Trio Macan, ditambah pesona duo Andre Sule di OVJ, tembang Iwak Peyek telah menggema dimana-mana.

Terlepas persoalan kontroversi soal hak cipta, muncul satu lagi kabar yang mungkin akan membuat penggemar lagu Iwak Peyek sedikit kecewa.

Di sebuah video Youtube yang bertajuk OLYMPIAKOS7, para pendukung klub sepakbola Olympiakos di Kota Piraeus, Yunani, menyanyikan lagu yel yel suporter yang sangat mirip dengan nada Iwak Peyek.


Yang menarik, video ini diunggah oleh pengguna yang bernama Lord7 pada tanggal 2 Agustus 2006. Ini berarti hampir enam tahun yang lalu.

Entah lagu Iwak Peyek pada tahun 2006 sudah diciptakan atau belum oleh sang peciptanya. Tetapi jika Anda dengarkan dengan seksama, nada lagu suporter ini sangat mirip dengan Iwak Peyek. Hanya mereka (suporter) menyanyikannya dalam Bahasa Yunani.

Arek Band mengatakan jika lagu Iwak Peyek telah mereka populerkan sejak tahun 2011. Trio Macan mengaku jika lagu tersebut mulai mereka nyanyikan sejak tahun 2012.

Bilamana pendukung dan warga Kota Pireus suporter Olympiakos telah berteriak dan bernyanyi lagu ini di Stadion Karaiskaki – berdasarkan video tersebut – sejak tahun 2006? Lantas siapakah yang benar?

Sementara itu, Kini beredar kabar jika nada original Iwak Peyek diduga berasal dari sebuah band punk rock legendaris asal Inggris.

Lagu tersebut berjudul Take ‘Em All dan memiliki refrain sangat mirip dengan Iwak Peyek versi Trio Macan.

Band ini bernama Cock Sparrer. Dibentuk pada tahun 1972 di Kota London, band ini tidak mendapatkan komersil yang besar dari lagu tersebut.

Namun band tersebut mampu memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kalangan band punk rock jalanan.

Dan kabarnya lagu tersebut sering digunakan sebagai lagu penyemangat yang dinyanyikan suporter tatkala mendukung tim favorit mereka.

Video versi suporter Olympiakos :



Video Iwak Peyek versi Cock Sparrer :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar