Kamis, 19 April 2012

Contoh Surat Lamaran Kerja, Daftar Riwayat Hidup dan Surat Pengunduran Diri


Mendapatkan kerjaan katanya sulit, namun ada juga yang lebih memilih menjadi pengangguran secara sukarela biar orang lain bisa mengisi lowongan pekerjaan yang ada. Memang lebih sedikit jumlah orang yang rela menjadi pengangguran secarea sukarela, dan saya adalah termasuk diantaranya. Daripada mengisi lowongan yang ada di pabrik, perkantoran, pns, dll mending menganggur dan membuka usaha sendiri sebisanya. Itulah saya. Beda orang beda pemikiran, karena itulah jumlah pencari kerja tidak semakin berkurang dari tahun ke tahun akan tetapi terus meningkat. Berikut saya ada contoh surat lamaran kerja buat anda yang membutuhkan.
Contoh surat lamaran kerja
Jakarta, 24 Juli 2007
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Timur
Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 22 Juli 2007. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.
Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama : Benny Kasmanto
Tempat & tgl. lahir : Bukit Tinggi, 19 Februari 1976
Pendidikan Akhir : Sarjana Manajemen Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) – Jakarta (Konsentrasi Manajemen Pemasaran)
Alamat : Perum Bumi Sentosa Blok A.5 Bekasi
Telepon, HP, email : 021 – 87914990, 0815 965 5695,
 benny_kas07 at yahoo.co.id
Status Perkawinan : Menikah
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
Benny Kasmanto
Sebagai pelengkap biasanya beserta surat lamaran dilampirkan daftar riwayat hidup, yang berisi riwayat hidup kita sebelum melamar pekerjaan ke instansi yang baru. Berikut saya tampilkan contoh daftar riwayat hidup.
Daftar Riwayat Hidup
DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Sendi Riana Antoni, S.E.
Tempat /tanggal lahir : Bandung, 23 Nopember 1973.
Jenis Kelamin : Laki-laki.
Status Perkawinan : Menikah.
Agama : Islam.
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi-Akuntansi
PENDIDIKAN FORMAL
· SD Negeri Margahayu Raya di Bandung, berijazah tahun 1986.
· SMP Negeri 9 di Pontianak, berijazah tahun 1989.
· SMA Negeri 8 di Pontianak, berijazah tahun 1992.
· Universitas Mercu Buana di Jakarta, berijazah tahun 1998.
PENDIDIKAN NON FORMAL
· Microsoft Office (Windows, Word, Excel)
· Dac Easy Accounting.
· English for Basic Conversation.
· Internet (Homepage Design, E-Mail).
· Delphi Program.
· Video and Photo Editing.
PENGALAMAN KERJA / LAIN – LAIN
· Pernah bekerja sebagai Administrasi / Akuntansi. (Communication Company)
· Pernah bekerja sebagai Sales and Collector. (Rubber Company)
· Membuat Laporan Keuangan Komputerisasi dan Manual. (Dac Easy Accounting)
· Membuat program penghitung biaya rental. computer (Delphi Programming)
· Setting dan percetakan. (Corel Draw, Microsoft Office)
· Video Shooting, Video Clip, Photo Editing, DVD & VCD format. (Adobe, Ulead,
Pinnacle)
· Pembuatan homepage internet. (Front Page, Publisher, Dreamweaver, Manual)
· Memiliki kendaraan pribadi. (SIM A dan SIM C)
· Memiliki kemampuan berkomunikasi, berbahasa inggris, (Course English
Conversation)
KONTAK:
Alamat :Jl. Pluto Selatan III No.25, Bandung 40286
Telepon / HP : 022-7560186 / 022 – 7315390 / 0 8122 13 8233
Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Hormat saya,
Sendi Riana Antoni, S.E.
Meskipun banyak yang bilang cari kerjaan susah, namun tidak sedikit yang memilih resign dari tempatnya bekerja saat ini dikarenakan beberapa alasan. Bisa saja karena sudah mendapat pekerjaan yang lebih baik, tidak kerasan, atau sebab lainnya. Nah saat itulah posisinya akan digantikan dengan tenaga baru, yaitu para pencari kerja yang sebelumnya tentu saja harus membuat surat lamaran seperti contoh surat lamaran kerja yang saya kasih di atas.
Contoh Surat Pengunduran Diri
Surabaya 29 Maret 2011
Kepada Yth.
HRD Manager
PT. Mitra Sejati
Jl. Raya Semangka No. 20
Surabaya
Dengan hormat,
Melalui surat ini saya Gunawan Soeprapto mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan PT. Mitra Sejati terhitung tanggal 29 Maret 2011.
Saya menghaturkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di PT. Mitra Sejati sebagai suatu perusahaan besar di bidang percetakan sebagai Kepala Gudang selama kurang lebih 3 tahun.
Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT. Mitra Sejati apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Mitra Sejati.
Saya berharap dan berdo’a agar PT. Mitra Sejati dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.
Hormat saya,
Gunawan Soeprapto
Apapun pekerjaan yang kita lakukan, yang terpenting adalah halal dan barokah. Berapapun gaji yang kita peroleh musti disyukuri biar mendapat tambahan bukan malah berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar