Minggu, 25 Maret 2012

Keindahan Cakrawala Alam Islandia

Kita semua pasti sering ngeliat pemandangan-pemandangan di suatu tempat, nah kali ini saya mau ngebawa sobat sekalian ke suasana alam di Islandia. Saya buat artikel ini soalnya saya kagum banget sama pemandangan disana, dan juga saya tertarik sama musik-musik yang asalnya dari Islandia, contohnya Sigur Ros, mum, Bjork, Amiina, Emiliana Torrini dll.

ICELAND



Republik Islandia (bahasa Islandia: Lýðveldið Ísland) atau Tanah Es adalah sebuah negara pulau di bagian utara Samudera Atlantik. Reykjavik adalah ibukota Islandia. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Luas Islandia sendiri hanya sekitar 103,001 km2, 7 kali lebih kecil dari kota Jakarta. Jumlah penduduknya pun hanya sekitar 319,368 orang.



Nama Orang Islandia

Nama belakang tidak dikenal di Islandia. Orang Islandia menggunakan patronim, di mana digunakan akhiran -son bila ia pria dan -dóttir bila ia wanita.

Sebagai contoh, Jón Stefánsson mempunyai anak lelaki bernama Fjalar. Nama akhir Fjalar bukanlah Stefánsson seperti bapaknya, melainkan Fjalar Jónsson yang berarti Fjalar, anak laki-laki dari Jón. Hal yang sama berlaku bagi wanita. Apabila Jón Stefánsson mempunyai anak perempuan yang bernama Kata, maka nama belakangnya bukanlah Stefánsson, melainkan Jónsdóttir. Dalam hal ini, namanya berarti Kata, anak perempuan dari Jón.

Dalam kasus tertentu, nama belakang seseorang dapat pula diambil bukan dari nama pertama orangtuanya, melainkan dari nama keduanya. Misalnya, bila Jón adalah anak laki-laki dari Hjálmar Örn Vilhjálmsson, ia dapat dinamai Jón Hjálmarsson (Jón, anak laki-laki dari Hjálmar) atau Jón Arnarson (Jón anak laki-laki dari Örn). Alasannya adalah bahwa orangtuanya lebih suka anaknya dipanggil dengan nama tengah, bukan dengan nama pertama. Hal ini cukup lazim atau mungkin pula nama tengah itu terdengar lebih cocok dengan nama pertama si anak.

Sebagian besar nama belakang orang Islandia membawa nama ayahnya, namun dalam kasus tertentu, nama ibunyalah yang dipergunakan karena berbagai alasan. Terkadang si anak atau si ibu ingin memutuskan ikatan sosial dengan si ayah. Sejumlah feminis menggunakan hal ini sebagai sebuah pernyataan sosial. Sebagian yang lain memilihnya hanya karena masalah selera saja. Betapa pun juga, konvensinya tetap sama. Fjalar, anak laki-laki dari Bryndís, akan menggunakan nama lengkap Fjalar Bryndísarson yang berarti Fjalar, anak laki-laki dari Bryndís.

Di banyak negara orang memanggil orang lain dengan nama belakangnya, tetapi di Islandia orang memanggil orang lain dari nama depannya. Sebagai contoh ketika orang membicarakan tentang Halldór Ásgrímsson mereka tidak memanggilnya Ásgrímsson, tetapi Halldór, hampir sama dengan panggilan untuk orang di sebagian besar wilayah Indonesia.


The erupting "Great Geysir" in Haukadalur




Iceland's Ring Road


Reykjavik, Iceland


Vatnajökull Glacier
















Iceland - Herdubreid volcano, Central Iceland

Tidak ada komentar:

Posting Komentar